Wednesday, June 8, 2011

Mengenal HTML

HTML

Selamat malam sobat netter. Pada kesempatan kali ini penulis ingin mengajak sobat netter untuk sama-sama "Belajar HTML".
HTML

Tulisan ini lebih cocok untuk sobat netter yang masih newbie seperti penulis. Karena pada pembasahan ini sekedar membahas "Dasar HTML".Baiklah sebelum penulis membahas lebih lanjut tentang "Mengenal HTML" ini, terlebih dahulu ada baiknya kita meninjau "Apa Itu HTML"?

Apa Itu HTML
HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, yaitu sekumpulan kode-kode atau karakter tag yang menginstruksikan penjelajah web untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.

HTML bisa juga disebut bahasa yang digunakan untuk menampilkan dan mengelola hypertext. Hypertext padaHTML selain berguna untuk menjelajah link ke web lain, juga bisa digunakan untuk menjelajah kesalah satu bagian dari text atau web itu sendiri.

HTML terdiri dari sejumlah perintah dimana kita bisa mengatur judul, garis, table, gambar dan lain- lain yang disebut tag. Setiap tag masih dapat dilengkapi lagi oleh sejumlah attribute. Setiap penulisan tag pada HTML, selalu diawali dengan <x> dan ditutup dengan </x>. Kecuali pada penulisan tag <br> serta <input>.

HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). Jadi setiap ada perubahan standard dari penulisan bahasa HTML sebelum diterbitkan harus melalui persetujuan lembaga ini dahulu.

Mengapa seorang blogger harus menguasai "Bahasa HTML"
Seorang blogger atau penulis blog seperti saya harus menguasai "Bahasa HTML", sekurang-kurangya "Dasar HTML". Sebab untuk membuat sebuah blog bisa terdeteksi dengan baik oleh mesin pencari dibutuhkan kemampuan SEO offpage. Optimasi SEO of page ini akan terasa agak sulit jika seorang blogger tidak menguasai "Dasar HTML". Itulah salah satu alasan saya mempelajari HTML dan share pengetahuan saya tentang HTML dengan sobat netter. Sebab dengan membagi pengetahuan yang didapat, akan membuat saya semakin mudah memahami dan mempraktekannya.

Baiklah sobat netter sekian dulu pembahasan dari saya tentang "Mengenal HTML". Pada pembahasan berikutnya saya akan membahas tentang :
  • Stucture lazim HTML pada sebuah website
  • Tag-Tag HTML yang sering dipakai
  • , serta
  • HTML Codes
Mengenal HTML|HTML|HTML Codes|Apa Itu HTML|Belajar HTML|Dasar HTML

No comments:

Post a Comment

Recent Post