Thursday, May 26, 2011

Hambatan Komunikasi

Selamat malam sobat netter. Setelah beberapa pekan ini disibukan oleh urusan kerja, pada hari ini saya membagi pengalaman saya tentang "Hambatan Komunikasi". Hambatan Komunikasi yang saya jabarkan adalah "Hambatan umum yang terjadi dalam komunikasi sehari-hari".
Sebelum melanjutkan bahasan ini ada baiknya kita sedikit meninjau "Apa Itu Komunikasi".
komunikasi
4TP92H7BBDVJ


Komunikasi adalah Suatu proses penyampaian pesan atau informasi dari suatu pihak ke pihak yang lain dengan tujuan tercapai persepsi atau pengertian yang sama.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling memengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.(sumber wikipedia)
Berikut adalah beberapa "Hambatan Komunikasi" yang sering terjadi.

1. Penerima cendrung hanya mendengarkan apa yang diharapkan .

Maksudnya adalah dalam sebuah komunikasi sering kali informasi yang disampaikan tidak diserap effektif oleh penerima, disebabkan sipenerima informasi tidak terlalu tertarik dengan informasi yang disampaikan.

2. Adanya perbedaan persepsi antara pengirim dan penerima.

Kondisi ini bisa terjadi disebabkab oleh beberapa sebab, seperti penerima hanya menangkap atau menyerah hanya sebagian dari sebuah informasi utuh.

3. Penerima menilai sumber berita.

Sering kali terjadi penerima terlalu selektif dalam menilai sumber berita. Jika sumber berita dari sumber yang diragukan maka penerima akan mengabaikan informasi yang diterima. Walaupun informasi yang disampaikan adalah betul.

4. Pengirim tidak memperhatikan bahasa non verbal

Terkadang suatu informasi yang tidak ditegaskan dengan bahasa non verbal(gerak tubuh, penekanan intonasi dll) bisa menyebabkan komunikasi jadi salah persepsi.

5. Media komunikasi yang tidak tepat.

Kesalahan dalam memilih atau pemakaian media informasi bisa menyebabkan suatu informasi menjadi tidak diserap dengan effektif.

6. Pengirim tidak menggunakan kata-kata yang tepat

Penggunaan kata-kata yang tidak tepat juga merupakan penghambat dalam komunikasi. Pemilihan kata yang tidak sesuai bisa menyebabkan penafsiran yang berbeda dari tujuan suatu informasi.

Demikian sharing saya tentang "Hambatan Komunikasi" pada kesempatan ini. Terima kasih atas kunjungannya

Wassalam
fendri-informatika.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Recent Post