Friday, October 26, 2012

Langkah Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil

Sering kali alasan modal kecil membuat kita menunda memulai bisnis online. Alasan ini dulunya juga merupakan alasan yang saya pakai, sampai saya bertemu teman yang sudah duluan memulai bisnis online. Padahal kalau kita sudah mempunyai tekad yang kuat untuk memulai bisnis online, kurangnya modal bukan suatu alasan yang membuat kita harus berhenti berusaha. Alhamdulillah setelah diberitahu tentang pengalaman dan langkah teman saya memulai bisnis online dengan modal kecil, kini bisnis online saya sudah mulai berjalan.
berfikir langkah memulai bisnis online

Baiklah berikut saya bagi pengalaman saya dan teman saya memulai bisnis online dengan modal kecil :
  • Kumpulkan tekad dan niat yang kuat
  • Langkah awal memulai bisnis apa saja adalah mengumpulkan tekad dan niat yang kuat. Mulailah dengan niat yang baik seperti untuk memberikan kemudahan atau untuk membantu orang yang kurang beruntung dan hidup susah. Selanjutnya kumpulkan alasan dan bayangkan efeknya bila kita tidak jadi atau menunda memulai bisnis.Tekad yang kuat dan niat yang baik akan membuat kita tidak gampang menyerah jika menghadapi halangan dalam memulai dan menjalankan bisnis online.
  • Berkelilinglah dan buka mata dan jalin silahturahmi.
  • Langkah selanjutnya adalah mengamati lingkungan sekitar kita dan mempererat silahturahmi kita dengan lingkungan sekitar. "Kok ini masuk langkah memulai bisnis juga sob?" tentu ini kalimat yang ada dipikiran sobat saat membaca tulisan saya ini. Berikut penjelasanya berdasarkan pengalaman saya. Saat saya merasa jenuh kurang berhasil jadi publisher google adsense. Saya teingat nasehat guru ngaji saya waktu kecil. "silahturahmi bisa membuka pintu rezeki. Kemudian saya coba rehat sejenak(melupakan kesulitan) dan berkunjung ke rumah sahabat saya di Kota sebelah. Niat awalnya cuma mempererat silahturahmi, tapi dari hasil kunjungan saya dapat nasehat dan ide untuk memulai bisnis online memasarkan produk UKM secara online.
  • Melakukan Riset
  • Sesudah dapat ide bisnis, langkah seterusnya adalah melakukan riset. Apa saya yang perlu kita riset?. Untuk memulai bisnis kita harus melakukan riset demand pasar(seberapa banyak orang yang mencari barang/ jasa yang kita jual), mempelajari pesaing, riset harga, dan riset ketersediaan stock barang. Riset harus dilakukan secara offline dan online. Mengenai cara riset berdasarkan pengalaman saya, akan saya tulis pada kesempatan berikutnya.
  • Lakukan negosiasi dengan pemilik barang atau jasa.
  • Setelah riset selesai, langkah kita selanjutnya adalah melakukan nego dan pendekatan dengan pemilik barang atau jasa yang akan kita jadikan bisnis online. Cara saya melakukan nego adalah dengan mencari tau waktu senggang dari pemilik barang/jasa yang ingin saya pasarkan secara online. Pada waktu nego saya bilang, "Bos ane pengalaman bikin website dan tau cara memasarkan barang secara online. Barang yang bos bikin ini bagus dan kemungkinan banyak peminatnya didunia online. Bos bersedia ga, barang produksi om ini saya bantu jualin secara online?". Sambil saya lihatkan blog pribadi saya yang sudah ada follower. Alhamdulillah si pemilik barang tadi langsung setuju. Mungkin karena dia juga tau kehebatan dan kecepatan dunia online untuk menyebarkan informasi.
  • Membuat website / blog
  • Setelah selesai nego dan pemilik barang atau jasa sukses, langkah selanjutnya adalah memulai membuat website (boleh juga blog). Website yang saya buat dengan modal kecil, sekitar Rp. 21500. Rinciannya adalah 160ribu untuk beli hosting dan 55ribu untuk beli hosting. Mengenai cara memilih hosting dan domain bisa dilihat pada posting saya sebelunya. Saya beli hosting dan domain sendiri alasanya untuk menambah kesan profesional dan kepercayaan dari calon pembeli. Blog cuma saya gunakan untuk penunjang website utama. Cara membuat website dan blog banyak tutorialnya di pencarian google. Ketik saja kata kunci "cara membuat website".
  • Melakukan Promosi
  • Untuk langkah melakukan promosi saya lakukan secara online dengan teknik seo dan teknik sosil media facebook serta twitter. Mengenai teknik seo dan sosial media marketin ini, tutorialnya juga banyak di pencarian google sob. Oh, ya untuk sobat yang pengen belajar memulai bisnis online dengan modal kecil bisa mengikuti pelatihannya langsung dari ahlinya yang juga teman saya. Untuk informasi Training UKM Riau ini bisa dilihat pada tautan berikut:
Lihat Informasi Training UKM Demikian dulu informasi dari saya tentang "Langkah Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil". Selamat berjuang memulai dan menjalankan bisnis online sobat.

1 comment:

  1. MEMILIH USAHA YANG IDEAL

    Dalam memilih usaha ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
    BUKAN USAHA TREND ATAU MUSIMAN.
    USAHA KEBUTUHAN POKOK MANUSIA.dari pengalaman yang ada bahwa usaha seperti ini prospeknya lebih baik dan jangka panjang.
    MODAL.untuk pemula lebih baik usaha yang membutuhkan modal yang tidak terlalu besar.
    RESIKO.Dengan modal yang kecil pasti dong resikonya juga kecil.
    POLA KERJA.sebaiknya cari usaha yang pola kerjanya tidak terlalu ribet seperti usaha makanan yang pagi-pagi harus belanja,masak,menjajakan,merapikan dagangan dll.
    POTENSI PENGHASILAN.dengan usaha kebutuhan manusia berarti petensi penghasilan kita terus menerus nggak ada abisnya kecuali manusia sudah musnah hehe,,,,,,
    USAHA PEMBUATAN DETERGEN ADALAH JAWABANNYA.
    www.kursusbikindetergen.blogspot.com

    ReplyDelete

Recent Post