Monday, February 6, 2012

Mengejar Mimpi Dengan Action

Hari ini hari yang gokil abis. Gokil abis karena belum pernah ane segokil hari ini. Dengan modal nekat dan berani malu datang ke kantor Dinas Kota menanyakan syarat mendapatkan SIUP dan SITU. Padahal cuma modal punya impian memiliki bisnis software house sendiri, tapi belum punya modal materi, hmm... klu ingat jadi tersenyum simpul deh.

Dengan gaya sok entreprenur ane nanya syarat-syarat mendapatkan SIUP dan SITU untuk perusahaan bidang jasa IT. Anehnya mbak resepsionis di Dinas Perizinan Kota yang menangani perizinan usaha, malah antusias melayani dan menerangkan syarat-syarat yang harus ane penuhi agar dapat SIUP dan SITU. Gokil-gokil..tapi ternyata syarat untuk punya legalitas bisnis skala kecil ga serumit yang ane bayangin selama ini.

Ternyata untuk bisa mengikuti tender pengadaan jasa IT, badan usaha minimal harus CV (Persekutuan Komanditer), punya SIUP(surat izin usaha perdagangan) dan SITU(surat izin tempat usaha), Akte pendirian perusahaan dari notaris serta terdaftar pada KADIN. Berkat kegokilan ane tadi, ane jadi dapat pengalaman dan ilmu buka usaha. Ternyata kalau sudah punya impian diiringi dengan do'a dan action, hal yang menurut ane awalnya sulit bisa mudah banget. Walaupun mungkin impian punya CV belum bisa terwujud secepatnya, namun sudah ada kemajuan kearah itu.

Abis balik dari Dinas Perizinan Kota ane jadi heran bertanya pada diri sendiri. Gimana jadinya kalau mbak resepsionis tadi nanya macam-macam seperti lokasi tempat usaha dan draft company profile?? He he he..Gokil, gokil..ternyata dengan banyak membaca buku dari entreprenur kayak Mas Ippho dan Mas Purdie buat ane ketularan "cara gila jadi pengusaha". Di buku beliau berdua ane selalu dikompori kalau mau buka usaha itu modal utama bukan duit, tapi impian, keinginan yang kuat, doa, usaha, cuma itu aja. Formula kata buku mas Ippho "DNA"(dream n action). Kita boleh punya impian yang besar, tapi harus dibarengin dengan semangat dan action yang besar pula. Untuk action bisa dimulai dari diri sendiri, dari hal sederhana, dan dimulai dari sekarang serta terus-menerus. Batu karang yang kokoh aja bisa tergerus oleh ombak yang terus-menerus diterjang ombak, begitu juga dengan jalan kesuksesan berbisnis.

Jadilah hasilnya tadi ane berani gokil dan berani malu. Tapi hasilnya ga mengecewakan. Rencana langkah ane selanjutnya bisa dimulai. Niat ane selanjutnya mau nyari dukungan dari teman ane yang punya modal dan teman ane yang kerja dikantor notaris. Untuk itu mulai malam ini, ane lagi belajar buat proposal bisnis. Wish me luck...

No comments:

Post a Comment

Recent Post