Sunday, November 20, 2011

Membuat Konten Berkualitas Tinggi Itu Gampang

Menyedihkan sekaligus menggelikan melihat fenomena banned massal akun Google adsen saat ini. Menyedihkan karna salah satu sumber pemasukan sobat-sobat dimusnahkan oleh raksasa broker iklan saat ini. Menggelikan yang ane maksud disini, disebabkan sebagian dari salah kita-kita juga sob. Kenapa ane bilang gitu?, Karena kita-kita para blogger tidak mengindahkan (sebenarnya tau tapi pura-pura gak mau tau)apa yang menjadi perjanjian awal saat melamar jadi penerbit iklan Google. Ambil contoh aja, "jangan klik fraud" dengan memanfaatkan kreatifitas secara tidak tepat kita malah cari jalan ilegal menanam script dan pakai jasa klik pihak ketiga. Satu contoh lagi diminta high quality content, malah kita main co-pas plus spin-spinan (termasuk ane juga). Padahal Membuat Konten Berkualitas Tinggi Itu Gampang, jika menerapkan tips dari artikel ini.
Quality Content

Ah,..lo mau belain ato nyari muka sama Google ya ?, Mungkin itu kalimat yang muncul dipikiran sobat-sobat semua. Eit's sabar dulu sob, bukan itu maksud tulisan ane ini. Tujuan tulisan ane kali ini adalah sedikit share tentang "Cara membuat artikel berkualitas tinggi". Mungkin artikel sejenis sudah banyak bertebaran di jagad internet. Tapi tulisan ane ini ada bedanya sob. Beda, karena ane mau kupas dari segi ilmu jurnalistik (dasar jurnalistik yang ane dapat abis training ditempat kerja) dan ane refleksikan dengan TOS google tentang High Article. Baiklah, mari kita masuk ke inti share ane kali ini

Pengertian Artikel

Sebelum kita bisa menulis artikel yang berkualitas bagus, kita harus tau ilmu dasar penulisan. Maksud ane adalah, mengetahui apa itu pengertian artikel. Pengertian artikel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai yang dimuat di majalah, surat kabar dan media lain. Sedangkan pengertian artikel menurut ilmu jurnalistik adalah suatu bentuk tulisan non fiksi yang berisikan data dan fakta serta sedikit analisis dan opini dari penulis artikel. Artikel biasanya hanya membahas suatu pokok bahasan dari satu disiplin ilmu. Syarat minimal penulisan artikel jika data dan fakta sudah ada.

Persiapan Penulisan Artikel

Suatu artikel ditulis untuk memberikan suatu manfaat pada pembacanya.Manfaatnya adalah membuat pembaca artikel kita bisa lebih memahami topik yang kita sampaikan serta bisa menginspirasi pembaca artikel kita sob. Agar artikel kita memberikan asas manfaat tersebut, tentunya sebelum membuat artikel kita harus mempersiapkan bahan data dan fakta serta sedikit analisis dari kita sebagai penulis sob. Dalam penulisan artikel yang harus kita perdalam adalah pertanyaan “mengapa dan bagaimana. Dan tidak lupa juga merencanakan bagaimana struktur serta metodelogi penulisan yang akan kita buat.
Bagaimana struktur mendasar dari sebuah artikel yang bagus? Struktur sebuah artikel yang bagus biasanya terdiri dari;
  • Judul yang menarik.
  • Intro / lead atau kalimat pembuka yang memancing minat pembaca membaca sampai tuntas.
  • Sub judul
  • Body
  • Serta ending (biasaya berupa summary atau kesimpulan, bisa juga mengarahkan pembaca kita membuat kesimpulan dari artikel yang kita buat sob).
Oke, apalagi yang harus kita persiapkan untuk bisa menulis artikel yang berkualitas bagus? Selain ilmu dasar jurnalistik (pengertian apa itu artikel, struktur dasar, fungsi dan tujuan penulisan artikel) persiapan selanjutnya adalah persiapan data dan fakta serta memperkirakan apa saja kendala yang mungkin muncul saat penulisan artikel. Tidak lupa juga persiapan menentukan target pembaca dari artikel kita. Target pembaca ini penting sob. Sebab jika target pembaca kita suatu kelompok umur atau lapisan masyarakat tertentu, tentunya gaya bahasa dan cara penyampaian artikel akan berbeda. Bagaimana cara mempersiapkan dan memperoleh data dan fakta untuk penulisan artikel kita? Ada banyak cara untuk mendapatkan sumber data dan fakta untuk penulisan artikel. Berikut contohnya:
  • Kliping koran, majalah dan kutipan buku.
  • Dari kliping koran , majalah dan buku kita bisa mendapatkan data dan fakta yang dibutuhkan untuk validasi artikel kita. Sedikit tips, jika sumber artikel kita kutip dari buku dan website orang lain. Jangan lupa cantumkan Judul dan pengarang dari kutipan kita. Hal ini untuk menghormati narasumber dan membentengi kita dari somasi HAKI dari sumber yang kita petik. Sebagai informasi, tulisan ini sebagian saya petik dari buku “Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature, dan Esai” hasil tulisan F. Rahardi diterbitkan oleh PT. Kawan Pustaka pada tahun 2006.
  • Pengamatan, penelitian serta keterlibatan langsung.
  • Dalam mendapatkan data dan fakta dari artikel yang kita tulis. Cara berikutnya adalah dengan pengamatan, penelitian serta keterlibatan langsung.Mengapa? Sebab dengan pengamatan dan penelitian kita bisa memberikan nilai tambah analisis dan opini pada artikel kita sob. Hal ini, juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan pembaca setia artikel kita.
  • Liputan, wawancara dan diskusi.
  • Cara mendapatkan data untuk artikel selanjutnya adalah dengan liputan, wawancara dan diskusi. Hal ini kita lakukan jika tidak bisa terlibat langsung dari topik artikel yang kita bahas. Wawancara yang bagus adalah dengan teknik diskusi. Sedikit tips, hasil diskusi dan komentar pada blog bisa juga kita jadikan bahan penulisan artikel.
Selanjutnya, apa saja kendala yang mungkin muncul saat memulai atau sedang menuliskan artikel, dan bagaimana cara mengatasinya? Biasanya kendala umum yang dihadapi penulis artikel seperti berikut sob;
  • Kondisi fisik dan psikis tidak fit.
  • Cara mengatasi kendala kondisi fisik dan psikis tidak fit bisa dengan tips berikut. Untuk mengatasi kondisi fisik tidak fit, bisa diatasi dengan istirahat yan cukup dan tambahan multivitamin. Sedangkan untuk mengembalikan kondisi psikis menjadi fit, dengan cara sholat, berdoa, atau mungkin meditasi dan berzikir.
  • Tidak tau tema atau titik berat tema yang mau ditulis.
  • Jika tidak tahu tema atau titik berat pembahasan tema yang mau ditulis. Ini bisa diatasi dengan banyak membaca dan mengumpulkan data serta fakta untuk sumber bahan tulisan kita sob. Bisa juga dengan mencari kata-kata yang berkaitan dengan tema kita, dengan memanfaatan keyword external tool dari Google.
  • Bahan atau data yang belum lengkap.
  • Kalau bahan yang belum lengkap, cara mengatasinya yaitu dengan menambah sumber bahan atau data. Cara mengumpulkan data ini sudah ane tulis diatas sob.
  • Tulisan keluar dari tema.
  • Untuk mengatasi tulisan keluar dari tema. Cara mengatasinya dengan membuat kerangka tulisan sebelum memulai mengembangkan tulisan. Cara ini juga ampuh untuk membuat panjang minimal tulisan 800 kata (menurut sobat yang telah berpengalaman didunia content publisher, minimal content dianggap berkualitas oleh Google jika panjang tulisan lebih dari 800 kata).
  • Dorongan atau spirit tidak kuat.
  • Sementara untuk mengatasi spirit atau semangat menulis yang kurang kuat. Bisa diatasi dengan memperbanyak diskusi atau blog walking.

Memulai Menulis Artikel

Oke, syarat persiapan penulisan arikel sudah diketahui. "Selanjutnya cara memulai penulisan bagaimana?". Untuk memulai tulisan, cara sederhana berikut dapat membantu sob.
  • Tentukan tema.
  • Tentukan target pembaca.
  • Kumpulkan bahan dan data.
  • Kelompokan bahan dan data.
  • Mulai dengan sebuah pertanyaan. Apa tujuan penulisan atau manfaat apa yang ingin diberikan dari artikel kita.
  • Selanjutnya buat kerangka tulisan kita sob. Sedikit tips menyusun kerangka tulisan, kerangka tulisan berisi inti atau tujuan inti dari artikel yang kita sampaikan sob.
  • Kumpulkan spirit dan atasi calon kendala penulisan.
  • Pilih judul yang menarik dan unik.
  • Buat intro atau paragraf pembuka yang mengundang perhatian dan rasa penasaran pembaca artikel kita.
  • Kemudian kembangkan kerangka tulisan dengan improvisasi yang memperkuat karakter penulisan (berupa analisis dan sedikit opini). Improvisasi juga berfungsi menjaga agar rasa penasaran pembaca berlanjut sampai tulisan selesai.
  • Jangan lupa tambahkan Gambar,Foto atau kalau bisa video yang mendukung isi tulisan artikel kita sob
  • Baca ulang keseluruhan isi artikel kita sebelum diterbitkan. Pada tahap ini bisa disertakan penerapan ceklist SEO on Page sob.
  • Selanjutnya tentukan ending tulisan. Ending bisa berupa summary atau kesimpulan, bisa juga dengan mengarahkan pembaca kita membuat kesimpulan sendiri sob.
Demikian sedikit berbagi ilmu dari seorang newbie tentang "Membuat Konten Berkualitas Tinggi Itu Gampang" dengan penerapan ilmu jurnalistik dasar serta refleksi Term of Service Google. Agar dapat inti dari penjelasan panjang kali lebar ini, cobalah sobat ambil kesimpulannya sendiri. Jika rasanya tulisan ane ini bermanfaat, ane tidak menolak jika sobat pencet like atau share ke media sosial. Sok atuh mangga dicopy. Pada gambar ane di artikel ini ane memakai istilah dari masbro noviku. Wasalam Fendri Rank Sumpadang
Membuat Konten Berkualitas Tinggi Itu Gampang|fendri-informatika

3 comments:

  1. Mantep bro, sangat bermanfaat sekali....

    Salam kenal dari saya
    www.arumartino.com

    ReplyDelete
  2. keren om, Content is King, ribet tapi wajib kalo mau aman :D

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Konten itu ibarat bahan dagangan utama.

    ReplyDelete

Recent Post