Saturday, June 25, 2011

Opini Tentang Iklan

Pertarungan Iklan

Iklan Bagus
Iklan, hampir setiap hari kita bisa lihat di berbagai media. Baik itu media cetak maupun elektronik. Saat ini semua media public sudah menyediakan space iklan. Sebab iklan merupakan sumber income yang cukup menjanjikan.
Setiap perusahaan yang bertujuan mengenalkan dan memajukan produknya berlomba-lomba memasang iklan. Terkadang hampir tiap hari kita lihat antar perusahaan yang mempunyai produk sejenis dalam beriklan seperti bertarung. Mereka memasang iklan tanpa mempedulikan etika.
Iklan yang mereka pasang saling menyindir dan menjelekan produk rivalnya. Iklan yang tidak mempedulikan etika ini, secara tidak sadar akan mendidik masyarakat untuk terbiasa menyindir, menghujat bahkan saling serang.
Tapi dari sekian banyak iklan yang saling kontra masih ada perusahaan pemasang iklan yang beretika dalam mempromosikan produknya. Walaupun sudah jelas-jelas iklan produk saingannya menyindir dengan meremehkan produknya. Perusahaan pemasang iklan yang saya maksud adalah perusahan produk minuman energi. Saat iklan dari produk rival mereka menyindir, tapi iklan perusahaan ini tidak membalasnya.
Saya salut dengan perusahaan yang tidak terpancing dengan provokasi ini. Tidak memperdulikan provokasi rival malah iklan yang mereka pasang sekalian mempromosikan keindahan pariwisata nusantara kita yang indah ini. Andai semua perusahaan iklan meniru etika seperti ini tentu secara tidak langsung bisa memajukan kesejahteraan masyarakat.
Maaf penulis tidak menuliskan nama perusahaan ini, sebab postingan ini bukan review atas produk iklan tersebut. Tapi postingan ini didorong oleh keprihatinan penulis atas pertunjukan iklan di berbagai media yang semakin kurang memperhatikan etika dan akar budaya negeri kita tercinta ini.
Sekian dulu tulisan saya kali ini. Wasalam...

2 comments:

Recent Post