Monday, May 9, 2011

Inilah Dampak Teknologi Infromasi

Tidak dapat kita pungkiri lagi, kemajuan teknologi informatika membawa dampak pada kehidupan sosial masyarakat saat ini. Dampak Teknologi Informasi tentunya seperti dua mata pisau. Ada dampak negatif dan dampak positif.
Dampak Teknologi Informasi

Salah SatuDampak Teknologi Informasi

Dampak seperti apakah yang kita inginkan??
Dampak yang kita inginkan tentunya tidak selalu tercapai, kalau kita tidak tau cara pemakaian teknologi informasi yang tepat.

Tinjauan / Literatur
Sebelum menjabarkan dampak dari teknologi Informasi, ada baiknya kita sedikit meninjau apa itu teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel)
*Sumber Wikipedia

Informasiadalah data yang diolah menjadi bentuk-bentuk yang berguna bagi para pemakainya.

Dampak Positif Penggunaan Teknologi Informasi.

Inilah Dampak Positif Teknologi Informasi :.
1. Informasi jadi lebih cepat didapat.
Dengan kemajuan informasi yang pesat saat ini, kejadian yang terjadi detik ini di suatu tempat lain dibelahan dunia dapat kita lihat langsung melalui teknologi tv streaming.
2. Informasi jadi lebih murah.
Melalui penerapan teknologi informasi, informasi menjadi lebih murah. Murah disini yang saya maksud dari segi biaya. Sebagai gambaran, dengan modal kurang lebih Rp. 3000 kita bisa berkomunikasi suara atau video serta suara sepuasnya sepanjang hari. Semakin banyak aplikasi yang mendukung keperluan ini. Contohnya Yahoo Messenger, skype, dan yang terbaru G-talk (layanan dari Google).
3. Informasi jadi lebih mudah tersebar.
Cukup sekali unduh ke server tertentu, suatu informasi akan menjadi mudah tersebar. Sebagai contoh; Dengan adanya situs youtube, seseorang bisa dengan cepat jadi selebritis seperti justin bibier, sinta dan jojo, dan yang terakhir norman.
4. Teknologi informasi memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pekerjaan.
Dengan penerapan teknologi diberbagai bidang pekerjaan. Membuat suatu pekerjaan yang dulunya sulit atau butuh waktu lama sekarang menjadi mudah dan cepat. Contohnya banyak sekali, misalnya dengan teknologi streaming kita bisa mengawasi keadaan anak-anak yang bermain di rumah dari kantor.

Untuk bisa mendapatkan dampak positif dari kemajuan teknologi seperti yang telah disebutkan. Yaitu dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi serta menerapkan filter atau batasan tertentu dan digunakan dengan hati-hati. Jika pemakaian teknologi tidak dengan filter yang tepat, maka dampak negatif lah yang akan kita dapatkan.

Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi.

Inilah dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi;
1. Informasi yang seharusnya rahasia bisa mudah bocor.
Sebelum berkembangnya teknologi informasi, informasi penting dan rahasia sulit bocor ke public. Setelah berkembangnya teknologi informasi, pembicaraan telpon bisa dengan mudah disadap. Bahkan informasi penting negara pun bisa disadap. Salah satu contohnya lagi mungkin masih segar pada ingatan kita; Seorang oknum presenter dan personel band karirnya jadi meredup setelah video rahasia mereka tersebar di media internet.
2. Informasinegatif bisa mudah menyebar dengan cepat.
Informasi negatif seperti provokatif sara dan pornografi saat ini bisa dengan mudah dan cepat menyebar. Saya ingat pada tahun lalu saat heboh kasus KPK dengan Kepolisian. Seorang oknum polisi dihujat jutaan orang pada jejaring sosial karena postingan dia yang provokatif. Akhirnya sang oknum yang salah dalam pemakaian teknologi informasi malah dipecat dari kesatuannya.
3. Menguras waktu.
Seseorang yang kecanduan internet atau acara televisi, waktunya bisa terkuras habis di depan layar monitor. Aktifitas jejaring sosial dan permainan game online membuat anak-anak sekarang ini waktu belajarnya jadi berkurang dan malah tidak ada sama sekali.
4. Mempermudah tindak kejahatan.
Oknum kriminal seperti penipu yang memanfaatkan teknologi informasi seperti jejaring sosial bisa dengan mudah menipu lebih banyak korban. Contohnya penipu cantik yang saat ini beritanya sering menghiasi layar kaca. Dengan modal wajah cantik, dan melek jejaring sosial bisa menipu banyak orang.
5. Membuat kerugian yang lebih besar.
Dengan mudah dan cepatnya informasi tersebar bisa membuat kerugian yang lebih besar. Sebagai contoh saat bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang tersebar, nilai tukar mata uang Jepang ikut anjlok.

Supaya mendapatkan atau memanfaatkan dampak negatif dari pemanfaatan teknologi informasi... Mohon maaf saya tidak mau memberikan contoh. Sebab tanpa saya beri contohpun anda yang berniat memanfaatkan teknologi informasi untuk kejahatan sudah pintar dari saya. Satu alasan lagi saya tidak mau menjadi penyebab terjadinya tindakan kejahatan secara langsung.

Sekian dulu postingan saya kali ini. Jika ada salah kata atau yang tidak berkenan saya minta maaf.

Wasalam,
fendri-informatika.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Recent Post