Thursday, April 14, 2011

Opini Anak Bangsa

Dari sejarah kita dapat belajar tentang penyebab keberhasilan atau kegagalan suatu bangsa. Orang atau bangsa yang tidak peduli pada sejarah bisa saja mengulangi kegagalan masalalunya. Melalui blog ini saya sebagai anak bangsa ingin memberikan pendapat saya, tentang contoh nilai-nilai bagus bangsa ini dimasa lalu yang saat ini kurang terdengar atau terekpos media. Melihat fenomena Briptu Norman yang tenar mendadak setelah video kocaknya beredar di jagad maya, saya jadi teringat dengan nilai bagus aparat bangsa ini dimasa orde baru yang sekarang kurang atau tidak terekpos media. "ABRI Masuk Desa" itu lah nilai bagus dari tentara nasional kita yang saya maksud.
Sebelum tulisan ini saya lanjut saya mohon maaf, jika ada dari anda yang membenci orde baru. Bukan orde baru yang harus kita benci, tapi kesalahan dari orde baru yang harus kita benci. Saya bukan bermaksud mengagung-agung kan orde baru, tapi cuma sekedar mengingatkan kita apa hal positif dari masa orde baru yang bisa kita lanjutkan. Banyak hal positif dari kegiatan "ABRI Masuk Desa" yang bisa kita dapat. Baik itu bagi kita sebagai rakyat, maupun bagi aparat bangsa ini.
Menurut pendapat saya, hal-hal positif yang didapat dari kegiatan ini antara lain;
a. Dari Segi Pemerintah.
1. Dapat membentuk image bagus pemerintah yang peduli rakyat.
2. Memudahkan pemerintah dalam mencari masukan atau keinginan rakyat.
3. Bisa menghemat anggaran negara.
Sebab dalam pelaksanaannya bergotong royong antara TNI dan rakyat.
4. Memudahkan dalam perencanaan program pemerintah.
Dengan mendapatkan apa yang diinginkan rakyat, pemerintah dapat menyusun program yang tepat dan effisien.
5. Membentuk image bagus bagi TNI.
Dengan kegiatan ini, rakyat bisa merasakan kalau aparat pemerintah sebagai mitra. Bukan sebagai aparat negara yang menakutkan.
6. Memudahkan dalam meredam dan mengatasi isu terorisme dan separatisme.
7. Mempercepat penyelesaian masalah pembangunan dan ekonomi.
Dengan turun langsung ke daerah. Informasi / isu yang mengganggu keselamatan negara dan rakyat dapat dengan cepat terdeteksi.
b. Dari Segi Rakyat
1. Dapat merasakan kalau aparat pemerintah merupakan bagian dari rakyat juga.
2. Bisa merasakan kepedulian pemerintah terhadap kesusahan yang dialami rakyat.
3. Dapat merasakan effek dari pembangunan untuk kemajuan ekonomi rakyat.
4. Bisa menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap pemerintah.
5. Merasakan rasa aman dan bersahabat dengan pemerintah.

Demikian dulu sebagian dari nilai-nilai positif masa lalu bangsa ini yang bisa saya ulas. Mohon maaf bila ada kata atau pendapat saya yang tidak berkenan. Sekali lagi saya sampaikan. Mari kita belajar dari sejarah agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Wasalam

No comments:

Post a Comment

Recent Post