Friday, April 8, 2011

Contoh Program Sederhana Dengan Turbo Pascall

Turbo Pascal Ver;7.1
Berikut ini saya tampilkan contoh program sederhana dengan Bahasa Turbo Pascall 7.1

Cara Penggunaan Turbo Pascal
Untuk menggunakan Turbo Pascal bisa dimulai dengan klik pada shortcut TPX.exe
shortcut logon
Kemudian pada layar menu awal klik 'ok'



Selanjutnya ganti directory tempat kita akan menyimpan file hasil yang kita buat nantinya. Dengan cara klik "File, Change dir, kemudian tentukan folder yang mau dipakai. Selanjutnya klik 'Ok'.
Untuk membuka file yang telah kita buat, caranya dengan; klik file, change dir, pilih directory/folder tempat file tersimpan, kemudian ok. Selanjutnya baru klik "file, open, dan pilih nama file yang akan dibuka.
Untuk menyimpan file yang telah kita buat, caranya klik file,save as(untuk menyimpan pertama kali atau menyimpan dengan judul baru,kemudian ketik judul file yang diinginkan. Note;judul file usahakan ringkas dan tanpa spasi. Selanjutnya klik "ok". Maka file akan tersimpan. Selanjutnya untuk menyimpan file yang telah diedit cukup tekan f2 atau klik file, save.
Untuk menjalankan file yang telah siap caranya dengan klik tab "Run" Run ctlr+f9. Atau bisa dengan cara pintas dengan menekan kombinasi tombol control dan f9.
Untuk menjalankan program secara full screen atau kembali dengan layar mini; caranya dengan tekan tahan tombol Alt, kemudian tekan tombol enter.
Baiklah berikut screen shoot Program sederhana dengan TURBO PASCAL
luas dan keliling persegi
Berikut ini contoh Program Mencari Luas dan Keliling Lingkaran
luas dan keliling lingkaran
Sekian dulu postingan saya kali ini. Jika sobat / kawan ada pertanyan , kritik, saran atau masukan silakan isi pada comment. Atau bisa chat melalui FB saya.
Wasalam
fendri-informatika

2 comments:

  1. kok enggak ada screenshoot runningnya gan..
    terima kasih.

    ReplyDelete
  2. .aku punya turbo pascal 7.1 tapi ko tampilannya beda sama yang turbo pascal 7.1 yang di atas???

    ReplyDelete

Recent Post